photo lineviral_1.png

4 Hal Penting Yang Berkaitan Dengan Aspek Pemasaran Produk

Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan lantaran pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara eksklusif berafiliasi dengan konsumen.

Apabila seseorang sudah tetapkan menjadi wirausaha maka beliau harus segera memikirkan perihal rancangan pemasaran produk yang akan dijual. Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam bukunya Dasar-Dasar Pemasaran mendefinisikan pemasaran sebagai proses dimana perusahaan membuat evaluasi bagi pelanggan dan membangun korelasi yang berpengaruh dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap evaluasi dari pelanggan sebagai imbalannnya. Dengan demikian, pemasaran tidak hanya bagaimana memasarkan produk supaya laku, tetapi juga harus mempunyai evaluasi ludang kecepeh bagi pelanggannya.


Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu p 4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk

Beberapa hal penting yang berkaitan dengan aspek pemasaran sebagai memberikankut.

1. Memahami seni menjual
Bagian penjualan merupakan salah satu penggalan terpenting dalam sebuah perusahaan. Oleh lantaran itu, diperlukan tenaga jual yang profesional. Harus pula diingat bahwa penjual itu tidak hanya menjual produk atau bisnisnya saja, tetapi juga menjual kualitas produk tersebut.

2. Menetapkan harga jual
Menjual produk dengan harga mahal akan memberikansiko produk tidak laris dijual. Sebaliknya, menjual dengan harga murah juga akan berberesiko pada persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Untuk itu penetapan harga harus diubahsuaikan dengan sebuah incaran pasar, segmen pasar, dan posisi produk di pasar. Sebelum memilih harga produk di pasar, perlu memperberat sebelahkan faktor utama dari jenis biaya yang akan memilih harga. Hal-hal yang harus diperberat sebelahkan dalam memilih harga sebagai memberikankut.

1) Biaya materi baku dan suplainya
Biaya ini menjadi biaya utama dalam penentuan harga jual produk
2) Biaya overhead
Biaya overhead menjadi faktor penting yang bisa dianalisis dalam penentuan struktur harga. Contohnya yaitu biaya administrasi, biaya pengiriman, biaya alat tulis kantor, biaya sewa kantor, biaya telepon, dan biaya listrik.
3) Biaya tenaga kerja
Merupakan biaya tenaga kerja dalam memproduksi barang jadi selama proses produksi dan biaya tenaga kerja yang bekerja dikantor. Contohnya yaitu biaya honor karyawan, uang lembur, insentif (ludang kecepeh dari yang seharusnya). Untuk memilih harga jual sebuah produk, maka perlu mengetahui total biaya (total cost) yang diperlukan dalam membuat produk tersebut.


Biaya Total = Total biaya materi baku + Total biaya overhaed + Total biaya tenaga kerja.
Penentuan harga jual produk juga sanggup ditentukan dengan tiga cara, sebagai memberikankut:
1) Harga menurut harga pasar (Market based price).
2) Harga menurut biaya (Cost based price).
3) Harga menurut titik impas (Break event point based price).

3. Menganalisis kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan yaitu tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja produk (hasil) yang bisa dirasakan dan sesuai dengan
berharapnya. 
Metode-metode yang bisa dipakai untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai memberikankut.
1) Sistem keluhan dan saran
Sistem ini bisa memakai cara formulir isian, kuesioner, uji sampelsecara eksklusif dengan cara tanya tpendapat pelanggan, email, faksimile, telepon, dan situs jejaring sosial.
2) Survei kepuasan pelanggan
secara bersiklus Sistem keluhan dan saran tidak bisa mencerminkan secara sempurna dan seksama apabila hanya sekali dilakukan. Oleh lantaran itu, perlu dilakukan ludang kecepeh dari satu kali survei semoga diperoleh tingkat keseksamaan yang ludang kecepeh baik.
3) Ghost shopping atau mystery shopper
Cara ini yaitu mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli. Orang ini akan melaporkan hal-hal faktual dan negatif dari pelayanan serta manfaat dari sebuah produk.

4. Promosi
Promosi yaitu suatu acara yang dilakukan oleh perusahaan guna mengomunikasikan, mengenalkan, dan mempopulerkan kepada pasar sasarannya. Ada enam kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan brand usaha.
1) Penjualan personal (personal selling)
2) Iklan (advertising)
3) Promosi penjualan (sales promotion)
4) Publikasi (publication)
5) Sponsorship

6) Komunikasi di daerah konsumen yang akan membeli (pint of purchase).

Demikian artikel 4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk semoga bisa memberi manfaat.
close