photo lineviral_1.png

5 Kunci Sukses Budidaya Sayuran

Sayuran ialah tumbuhan hortikultura, umumnya memiliki umur relatif pendek (kurang dari setahun) dan merupakan tumbuhan musiman. Sayuran juga sanggup disebut bab vegetatif dari tumbuhan yang sanggup dimakan terutama daun beserta tangkainya tetapi sanggup pula tangkai yang masih muda. Untuk ludang keringh mengetahui gosip ihwal pengertian sayuran dan pengelompokannya baca juga: Pengertian tumbuhan dan 3 macam pengelompokannya



Di jaman modern ini kebutuhan akan sayuran terus meningkat lantaran kesadaran insan akan pentingnya nutrisi dan manfaat dari sayuran. Oleh lantaran itu, sayuran terus dibudidayakan dan ditanam. Untuk ludang keringh tahu ihwal manfaat sayuran baca juga: Manfaat dan Prospek mempelajari tumbuhan sayuran

ada 5 Kunci sukses dalam budidaya sayuran, apa sajakah itu? 



1. Bibit
Kunci utama dalam budidaya ialah memiliki bibit yang berkelas. Kita harus ketahui benar ciri khas atau karateristik bibit yang akan kita tanam tersebut. Menurut pengalaman perlakuan apapun yang akan kita diberikan kepada tumbuhan kita selama bibitnya tidak baik pasti tidak akan membuahkan hasil yang terbaik. Kaprikornus sekali lagi kunci utama sukses budidaya tumbuhan sayuran ialah memiliki bibit yang berkelas. Bibit berkelas sanggup berasal dari perbanyakan secara generatif atau vegetatif.

2. Pupuk
Kita harus paham benar, berapa jumlah pupuk yang diharapkan oleh tumbuhan kita. Selain itu juga jenis pupuk apa yang disenangi oleh tumbuhan yang sedang kita budidayakan, secara luas poin yang kedua ini juga mencakup ihwal kerindangan tanah kita. Bahwa petani harus mengetahui berapa tingkat kerindangan tanahnya yang akan dipakai untuk membudidayakan tanamannya. Karena pupuk ini sangat dekat kaitannya dengan kerindangan tanah baik itu ditinjau dari kimia, biologi dan fisika tanah.

3. Pengolahan tanah
Tanah merupakan media untuk tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman. Pengolahan tanah sangat penting untuk mengaktifkan mikroorganisme dan memperbaiki aerasi tanah. Pengolahan tanah juga berfungsi untuk mengendalikan hama-hama yang berada dalam tanah termasuk telurnya. Sehingga dalam arti luas ialah kita harus menyediakan media tanam yang sesuai dengan kebutuhan tumbuhan kita.

4. Air
Ludang keringh dari 90 % bab badan tumbuhan ialah air sehingga air merupakan kebutuhan dasar dan wajib dalam budidaya tanaman. Air juga merupakan media transportasi unsur hara dari akar atau daun ke seluruh bab tanaman.

5. Pengendalian hama dan penyakit
Pengendalian hama dan penyakit gotong royong kita tidak sanggup hanya mengtangguhkan dengan pestisida saja tetapi juga harus kita kombinasikan dengan poin satu hingga empat. Sebagai teladan dalam pengendalian penyakit tumbuhan oleh lantaran cendawan, kita tidak sanggup hanya mengtangguhkan fungisida saja, tetapi kita harus memulai pengelolaannya dari awal. Bagaimana mengatur jarak tanam, pemdiberian pupuk, pengolahan tanah dan sebagainya.
close